Target Raup Suara 15% Perempuan PKS Gerak Cepat

Bagikan

Lensa Parlemen l Surabaya – Sepekan setelah masa reses, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) DPRD Surabaya membuka kembali Hari Aspirasi.

Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) DPD PKS Kota Surabaya mendatangi ruang Fraksi PKS di lantai 7 gedung DPRD. Rombongan diterima Sekretaris Fraksi PKS Aning Rahmawati. Senin siang (22/02/2021).

Ketua BPKK Enny Minarsih menyampaikan, “Bahwa kehadiran pengurus kali ini dalam rangka sinergi dengan Fraksi PKS, ada Rumah Keluarga Indonesia (RKI) yang kami bentuk di setiap kecamatan dan kelurahan. Dari situlah kami mendapat banyak aspirasi dari emak-emak Surabaya. Karena itu kami sampaikan ke sini,”

Aspirasi itu, lanjutnya, antara lain soal perhatian pemkot pada UMKM yang masih minim, sembako yang sering naik, dan kebutuhan kuota internet bagi pembelajaran anak-anak.

“Kami titipkan aspirasi ini ke para anggota dewan agar bisa diperjuangkan. Program yang ada selama ini masih minim dan tidak merata,” kata Enny.

Sementara itu, Aning Rahmawati mengucapkan terima kasih atas kehadiran rombongan. “Ibu-ibu dengan program-program seperti RKI inilah yang menjadi ujung tombak pelayanan PKS di masyarakat. Sekaligus juga penyerap aspirasi warga. Maka tentu Fraksi PKS akan serius memperjuangkannya,” ujar Aning

Aning yang juga Sekretaris Majelis Pertimbangan Daerah (MPD) PKS Surabaya menuturkan bahwa kepengurusan PKS yang baru menargetkan perolehan suara 15% atau 250.000 suara pada Pemilu mendatang. “Bagi PKS, target itu adalah target pelayanan kepada rakyat. Artinya perlu sinergi agar semakin banyak rakyat Surabaya yang bisa terlayani. Dan tentu, emak-emak adalah prioritas yang harus mendapat layanan. Sebab ibu adalah poros dari keluarga,” ungkap Aning.

Pada kesempatan itu, Aning memaparkan jumlah penduduk perempuan di Surabaya yang mencapai 1.449.146 jiwa. Pada pemilu lalu, pemilih perempuan mencapai 1.072.632 orang. “Lebih dari separuh pemilih adalah perempuan. Dan partisipasi pemilih masih di angka 75%. Artinya masih banyak peluang,” urai Aning.

Aning juga mengajak ibu-ibu untuk berkiprah di parlemen. “Makin banyak ibu-ibu di sini, harapannya semakin banyak yang aspiratif terhadap kepentingan perempuan, anak, dan keluarga,” kata Aning kepada hadirin.

Sebagaimana diketahui, dua dari lima anggota Fraksi PKS adalah ibu-ibu. Selain Aning yang berkiprah sebagai Wakil Ketua Komisi C, juga ada Reni Astuti yang merupakan Wakil Ketua DPRD Surabaya,  Fathur anggota Komisi A dan Cahyo Siswo Tomo Anggota Komisi D DPRD Surabaya.

Selain menerima aspirasi dari emak-emak, Fraksi PKS juga kedatangan Pemuda Muhammadiyah dari Mulyorejo pada sore harinya.

Rombongan yang dipimpin Ketuanya ini juga menitipkan aspirasi kepada Fraksi PKS berupa peningkatan kesempatan kerja dan fasilitasi pemerintah kota terhadap start-up industri kreatif yang banyak dilakukan oleh anak muda.

Hari Aspirasi adalah program Fraksi PKS untuk menerima warga Surabaya baik perorangan maupun kelompok, yang ingin menyalurkan aspirasinya secara langsung kepada Anggota Dewan di luar masa reses. (B4M)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *