LENSA PARLEMEN – SURABAYA
Perumda Air Minum Surya Sembada Kota Surabaya meraih penghargaan dalam ajang Anugerah Humas Indonesia (AHI) 2025 sebagai Bronze Winner untuk kategori Kanal Digital, subkategori Aplikasi. Penghargaan ini diserahkan dalam acara yang digelar di JW Marriott Hotel Surabaya, Kamis (25/9/2025).
Penghargaan diserahkan oleh Janette Maria Pinariya selaku Dewan Juri AHI dan diterima langsung oleh Direktur Utama Perumda Air Minum Surya Sembada, Arief Wisnu Cahyono.
“Kami mengucapkan syukur Alhamdulillah dan berterima kasih kepada pelanggan yang telah menggunakan Aplikasi CIS. Saat ini, CIS telah diunduh dan digunakan oleh sebanyak 370.000 akun pelanggan. Ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Perumdam Surya Sembada karena melalui Aplikasi CIS (Customer Information System) ini, warga semakin dimudahkan dalam mengakses layanan digital seperti pasang baru, pembayaran, catat meter mandiri, pengaduan, dan fitur layanan lainnya,” ujar Arief Wisnu Cahyono.
Perumda Air Minum Surya Sembada Kota Surabaya berkomitmen untuk terus menghadirkan komunikasi yang transparan, akuntabel, serta berorientasi pada kebutuhan pelanggan. Penghargaan ini menjadi bukti nyata dedikasi perusahaan dalam memberikan pelayanan terbaik sekaligus menjaga kepercayaan publik terhadap keterbukaan informasi.
Ajang AHI 2025 secara resmi dibuka oleh Asmono Wikan, CEO Humas Indonesia sekaligus penyelenggara acara. Dalam sambutannya, ia menyampaikan selamat kepada para pemenang serta menegaskan pentingnya komunikasi publik yang jelas dan dapat dipercaya, terlebih di tengah derasnya arus informasi saat ini.
Kegiatan penghargaan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Jawa Timur, Sherlita Ratna Dewi Agustin. Dalam sambutannya, ia menyampaikan apresiasi atas penghargaan yang diberikan kepada Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Sherlita juga mengingatkan pentingnya pembenahan komunikasi publik, terutama di media sosial, mengingat tingginya tingkat aktivitas masyarakat Indonesia.
“Sebanyak 190 juta penduduk Indonesia aktif menggunakan media sosial, dengan rata-rata waktu penggunaan minimal 3 jam 45 menit per hari,” ujarnya.
The 7th Anugerah Humas Indonesia merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Humas Indonesia untuk memberikan apresiasi atas kinerja komunikasi publik di lingkup Kementerian, Pemerintah Daerah, BUMN, dan BUMD. Tahun ini, ajang tersebut mengusung tema:
“Akuntabilitas Komunikasi dan Keterbukaan Informasi Publik untuk Indonesia Maju.”
Dewan juri AHI 2025 terdiri dari berbagai pakar di bidang kehumasan dan komunikasi digital, yakni:
Asmono Wikan (CEO Humas Indonesia)
Janette Maria Pinariya (Wakil Rektor I LSPR Institute)
Fachrudin Ali (Pranata Humas Ahli Madya BKPK Kementerian Kesehatan)
Abdul R. Ma’mun (Komisioner Komisi Informasi Pusat RI periode 2011–2013)
Chrysanthi Tarigan (Head of Corporate Communication PT Chandra Asri Pacific Tbk)
Redaksi Lensa Parlemen